Kupat Tahu Batoar Temanggung Yang Melegenda

Saturday, May 14, 2016


Selain punya bakso uleg dan nasi goreng mbako, ternyata kabupaten Temanggung juga memiliki kuliner enak lainnya bernama kupat tahu. Sebenarnya kupat tahu tak hanya ada di Temanggung, seperti halnya Kota Magelang yang lebih dikenal dengan nama tahu kupat.


Namun disetiap daerah pastinya memiliki ciri khas rasa yang berbeda, kupat tahu temanggung cenderung memiliki rasa bumbu kacang yang kuat, sedangkan tahu kupat Magelang lebih cenderung memiliki rasa manis dari kecap.


Kupat tahu sendiri merupakan campuran dari ketupat dan potongan sayuran yang disiram dengan kuah kacang, 1 porsi kupat tahu biasanya berisi 1 buah ketupat, 1 buah tahu putih goreng, potongan kubis putih dan taoge rebus, kemudian ditaburi dengan bawang goreng dan disiram dengan bumbu kacang kental, yang kemudian di tambahkan dengan kecap manis.


Picture by panoramio.com
Rasanya yang enak dan khas membuat kupat tahu ini menjadi makanan idola di Temanggung. Salah satu warung kupat tahu di Temanggung yang terkenal adalah Kupat Tahu Batoar, lokasinya tak jauh dari pusat kota Temanggung, tempatnya tak begitu besar, hanya sebuah warung kecil yang mungkin tak terlalu mencolok dibandingkan cafe - cafe atau rumah makan yang terkenal, tapi jangan salah, kupat tahu batoar ini selalu ramai pengunjung, bahkan pengunjung dari luar kota yang selalu penasaran dengan tempat ini.

Lokasi


Lokasinya terletak tak jauh dari jembatan Gilingsari, tepatnya di jl. Gilingsari, pandean.

Picture by panoramio.com

Rute Menuju Kupat Tahu Batoar


Dari arah Magelang, Semarang dan Temanggung Kota.


Jalan menuju alun - alun Temanggung, kemudian ambil arah ke Bulu/ Parakan, setelah sampai di Jl. Gilingsari, Pandean ambil jalan ke kiri sekitar 200 meter (sebelum SMK Swadaya).

Dari arah Parakan, Wonosobo, Sukerejo.


Jalan menuju pusat kota Temanggung jalur Bulu, setelah sampai di Jl. Gilingsari, Pandean ambil jalan ke kanan, sekitar 200 meter (sebelum SMK Swadaya).

Harga


Hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 6.000,- , kita sudah bisa menikmati seporsi kupat tahu yang lezat.

You Might Also Like

1 komentar

  1. wahh harganya murah juga ya, dan lagi rasa bumbu kacangnya yang kuat bisa menambah enak kupat tahu itu sendiri..

    ReplyDelete